Inert Gas Adalah

Inert Gas Adalah – Inert gas adalah sebuah gas dan juga campuran berbagai macam gas yang mempertahankan kadar oksigen dengan prosentase rendah sehingga bisa mencegah ledakan sampai kebakaran.

Inert Gas Adalah
Detector gas adalah salah satu alat ukur yang banyak digunakan untuk mendeteksi kebocoran gas, karena alat ini merupakan alat yang akurat untuk mendeteksi kebocoran gas. Jika anda membutuhkan detector gas anda bisa membelinya di alat ukur Indonesia.

Keadaan inert adalah suatu keadaan kadar oksigen pada tangki dipertahankan dengan kondisi 8 persen atau kurang dibanding dengan jumlah folume gas yang ada pada atmosfer tangki tersebut.

Susunan gas inert yang terdiri atas pesawat pembuat gas inert beserta sistem distribusinya yang dilengkapi dengan alat untuk mencegah aliran balik dari gas itu ke kamar mesin, dan juga dilengkapi dengan alat pengukur yang tidak bisa dipindah ataupun bisa dipindah adalah arti dari sistem gas inert.

Memasukkan gas inert ke dalam tangkai supaya terjadi keadaan inert adalah arti dari inerting. Gas freeing adalah memasukkan udara segar ke dalam tangki dengan tujuan menghilangkan gas beracun.

Topping Up adalah memasukkan gas inert ke dalam tangki yang sudah berada pada keadaan inert supaya tekanan dalam tangki meningkat sehingga bisa mencegah adanya udara masuk ke dalam tangki.

Pencegahan peledakan tangki menggunakan sistem gas inert diperoleh dengan memasukkan gas inert ke dalam tangki untuk menjaga supaya kadar oksigen dengan kondisi rendah dan mengurangi gas hydrocarbon pada atmosfer tangki dengan proporsi yang tidak bahaya.

Flue gas system dan inert gas system merupakan cara yang biasa digunakan untuk memperoleh inert gas.
1.Flue gas system
Flue gas system merupakan system yang tidak memanaskan dan juga membersihkan gas yang diperoleh dari boiler, gas ini mengandung kadar oksigen 5 persen.

Komponen utama dalam system:
– Unit scrubber
-Innert gas blower
-Deck water seal
-Pressure vaccum breaker
-Katup
-System control

2.Innert gas system
Innert gas system diperoleh dengan membakar heavy fuel supaya memperoleh flue gas dengan kadar oksigen 2 sampai 4 persen.

Komponen utama dalam system:
-Unit generator
-Scrubber
-Pompa
-Peck water seal
-Pressure vaccum breaker

Deck water seal berguna untuk mencegah aliran balik dari gas dengan bantuan dari fluida cair.
Tipe deck water seal yaitu:
1.Tipe basah.
2.Tipe semi kering.
3.Tipe kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *