Alat Pengukur Jarak Yang Tepat Dan Akurat

Alat Pengukur Jarak Yang Tepat Dan Akurat – Dalam kehidupan sehari-hari tentunya manusia tidak dapat dipisahkan dari bidang konstruksi. Konstruksi merupakan suatu bidang yang kaitannya dengan membangun sarana dan prasarana. Anda adalah  tergolong arsitek atau seorang teknik sipil pastilah sangat akrab dengan segala sesuatu tentang konstruksi. 

Alat Pengukur Jarak Laser Distance Meter

Dalam membangun sebuah sarana ataupun bangunan tentunya seorang arsitektur ataupun perencana bangunan harus mengetahui dengan pasti bangunan seperti apa yang akan mereka rancang, berapa luas tanah yang ada, berapa luas sarana yang akan dibangun, bagaimana desainnya, dan masih banyak lainnya.

Suatu pekerjaan membangun sarana sebenarnya merupakan pekerjaan yang cukup rumit dan tidak bisa dikerjakan oleh sembarang orang. Hanya orang yang memiliki kemampuan di bidang inilah yang dapat menghasilkan suatu bangunan yang bagus, baik dari segi desain maupun kekuatan bangunannya.

Ketika kita ingin membuat sebuah bangunan ataupun sarana tertentu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung luas tanah yang tersedia dan menghitung luas sarana yang ingin dibangun. Perhitungan ini haruslah dilakukan dengan tepat dan teliti, apabila perhitungannya meleset sedikit saja, tentunya tidak akan dihasilkan sebuah bangunan yang baik. Contoh yang sederhana, apabila kita ingin membangun rumah dari tanah kosong.

Tentunya kita harus mengetahui berapa luas tanah kosong tersebut dan rumah seluas apa yang kita inginkan. Adapun beberapa orang yang ingin membuat rumah tetapi tidak membangunnya dari sebuah tanah kosong, melainkan hanya merenovasi dari bangunan yang sudah ada. Keduanya sama-sama membutuhkan perhitungan yang harus tepat.

Bagaimana Cara Melakukan Perhitungan Yang Tepat Terhadap Sebuah Bangunan?

Pengukuran tentang sebuah bangunan, tanah lapang (outdoor), ataupun pengukuran jarak antara satu bangunan dengan bangunan yang lain standarnya dapat dilakukan dengan cara manual yaitu dengan mengukurnya menggunakan meteran. Caranya yaitu dengan membentangkan meteran pada tempat yang ingin anda ukur baik itu jarak ataupun.

Langkah ini memang sangat sederhana untuk dilakukan, tetapi adakalanya karena kelalaian manusia pengukuran menggunakan meteran dengan cara seperti ini dapat saja menimbulkan kesalahan. Tidak tepat dalam melihat hasil pengukuran dari meteran adalah salah satu kesalahan yang biasa terjadi.

Pengukuran menggunakan meteran ini juga dirasakan sedikit merepotkan jika suatu bangunan atau tanah yang ingin dihitung luasnya terlalu besar sehingga membutuhkan minimal dua orang untuk melakukan pengukurannya. Hal ini sangat tidak praktis, belum lagi jika kesalahan melihat angka pada meteran kembali terjadi.

Ketidak tepatan pengukuran diawal akan mengakibatkan kesalahan pada langkah selanjutnya. Lalu bagaimana solusinya untuk dapat meminimalisir kesalahan pada saat pengukuran tersebut? Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengukurnya menggunakan meteran digital.

Digital Laser Distance Meter, Meteran Digital Untuk Mengukur Jarak Dengan Tepat

Tidak banyak orang awam yang mengenal alat ini. Digital laser distance meter hanya akrab di telinga mereka yang berkecimpung dalam dunia konstruksi. alat ini dapat digunakan untuk mengukur jarak dengan sangat efektif saat menggunakan laser.

Alat ini tentunya sangat membantu dan membantu memudahkanpada saat melakukan pengukuran. Pada saat menggunakan digital laser distance meter akan dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin akan terjadi ketika seseorang melakukan pengukuran menggunakan meteran biasa secara manual.

Sebuah digital laser distance meter memiliki beragam fungsi yang tentunya dapat memudahkan sang pengguna. Beberapa fungsi tersebut diantaranya:

  • Alat ini sangat memudahkan pengguna pada saat menghitung kemiringan suatu objek.
  • Selain menghitung jarak, bisa digunakan untuk menghitung tinggi, panjang, lebar, phytagoras, bahkan volume suatu bidang. 
  • Memudahkan pengukuran sudut dan fungsi stake out.
  • Pada saat pengukuran dapat digunakan secara continue.
  • Memudahkan seseorang untuk mengukur kawasan dan luas, sehingga dapat mengukur dengan hasil yang akurat dan dalam waktu cepat.
  • Memudahkan saat seseorang yang akan melakukan pengukuran jarak jauh dan tempat-tempat yang sulit untuk dijangkau.

Digital laser distance meter dibuat dengan ukuran yang kecil sehingga sangat praktis dan mudah saat digenggaman tangan. Pengukuran menggunakan alat ini sanagat lebih mudah dan menyenangkan, karena pda saat pengukuran dapat dilakukan seorangdiri tanpa membutuhkan satu orang atau teman, mudah dan cepat pada saat digunakan. Hasil pengukurannya pun dapat diketahui pada waktu hitungan detik saja.

Bagaimana Cara Menggunakan Digital Laser Distance Meter?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tekan tombol ON pada alat ini. Lalu tentukanlah bidang, objek, ataupun bangunan yang akan diukur. Apabila sudah, arahkan laser ke arah bidang tersebut. Hal yang harus diingat adalah jangan sampai bidang yang ingin diukur terhalang oleh kaca, karena kaca dapat ditembus oleh sinar laser sehingga tidak akan ada radiasi pantulan pada alat itu.

Objek berupa besi, dinding, kayu, atau objek lainnya yang penting objek tersebut tidak terbuat dari kaca sehingga dapat menggunakan alat ini. Apabila sudah mengarahkan sinar laser pada objek, anda bisa langsung memperoleh hasil pengukuran objek tersebut. Hasil pengukurannya pun sudah tertera pada layar.

Menggunakan Digital Laser Distance Meter atau alat ukur jarak laser  ini sangatlah memudahkan anda pada saat melakukan pengukuran panjang dan tinggi gedung. Jika anda ingin membelinya anda bisa mengunjungi website alat ukur indonesia. Diwebsite ini wenyediakan alat alat yang berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *