Mengenal CSS Secara Umun

Apa itu CSS ?

CSS, kependekan dari Cascading Model Sheet adalah salah satunya bahasa model sheet untuk mengatur beberapa elemen dalam satu situs hingga semakin lebih terancang serta seragam. Nama CSS didapatkan dari bukti jika tiap maklumat model yang tidak sama bisa ditempatkan dengan cara berurutan, yang selanjutnya membuat jalinan ayah-anak (parent-child) pada tiap model. Biasanya CSS digunakan untuk memformat penampilan halaman dari satu situs yang dibikin dengan HTML atau XHTML.

CSS bisa kita analogikan untuk satu aplikasi pemrosesan kata seperti Microsoft Office Word yang bisa mengendalikan pola pada tiap halaman, contohnya mengendalikan heading, font model, margin text, border, gambar, pola text dan variabel – variabel yang lain. Oleh karenanya, Belajar CSS ialah belajar bagaimana kita mengendalikan penampilan dari satu halaman situs hingga halaman situs nyaman serta menarik untuk disaksikan.

Riwayat Perubahan CSS
CSS (Cascading Model Sheet) pertama-tama direferensikan oleh W3C (World Wide Situs Consortium) di tahun 1996 yang selanjutnya distandarisasikan. Waktu artikel ini dicatat CSS telah memilki tiga versus yakni CSS1, CSS2, serta CSS3 yang tiap versinya mempunyai peranan untuk pemenuhan keperluan berkaitan dengan penataan halaman situs.

Baca Juga : Website Medan

CSS1 adalah versus pertama yang ditingkatkan, fokus pada pemformatan dokumen atau halaman HTML serta dapat penuhi keperluan untuk penataan penampilan pada suatu halaman situs. CSS2 adalah versus ke-2 yang ditingkatkan untuk penuhi keperluan pada pola dokumen agar diperlihatkan di printer.

CSS3 adalah versus paling baru waktu artikel ini dicatat, CSS3 dapat lakukan beberapa hal untuk mendesain satu halaman situs, salah satunya bisa lakukan animasi warna serta animasi 3D, dan jumlahnya kedatangan feature – feature baru yang semakin dapat untuk penuhi keperluan – keperluan yang kompleks dalam rencana mendesain satu halaman situs.

Kelebihan serta Kekurangan CSS
Sama seperti dengan objek – objek lain yang ada didepan bumi ini. Dalam pemakaianya, CSS pun tidak lepas dari kelebihan serta kekurangan. Berikut beberapa kelebihan serta kekurangan CSS yang saya ketahui.

Kelebihan CSS

  • Dalam bahasa tingkat tinggi, CSS benar-benar gampang untuk dipelajari serta dipakai
  • CSS memisahkan di antara Design serta Content Situs/Website
  • Penataan Design bisa dilaksanakan seefisien kemungkinan
  • Mengirit tulisan code, sebab satu css bisa digunakan seringkali
  • Menyingkat waktu kerja, baik waktu membuat atau waktu modifikasi halaman Situs/Website
  • Ukuran file HTML bertambah kecil, sebab umumnya CSS disimpan di file terpisah (Eksternal Modelsheet)

Kekurangan CSS

Salah satunya kekurangan CSS yang benar-benar mengambil alih waktu ialah bukti jika tidak semua browser mendefinisikan sintaks – sintaks CSS sama. Kadang-kadang Design telah kelihatan rapi di satu browser tetapi tuliskan dicoba di browser lain justru jadi acak – acakan.

Tetapi bukan bermakna kekurangan ini menjadi satu rintangan, sebab kekurangan ini bisa ditangani dengan script – script spesial atau biasa disebutkan dengan CSS Hack.

Referensi : medanprojects.com