Pemasaran Global

Nilai Kelas Reguler 26/12/2019

Nilai Kelas Pararel 20/12/2019

Kelas Non Reguler 12/5/2019

  1. Mahasiswa diminta melakukan analisa perbandingan, berdasarkan negara yang sudah tugaskan anda diminta melakukan inventaris 5 brand lokal dan 5 brand asing yang berada didalam negara yang menjadi tugas anda.
  2. Kategorikan masing masing brand kedalam industri / segmen pasar yang dilayani, identifikasi industri / segmen pasar tersebut. [Gunakan konsep dibawah untuk mengelompokkan brand tersebut]
    • Brand Lokal 1 VS Brand Asing 1 —> melayani segmen pasar A
    • Brand Lokal 2 VS Brand Asing 2 —> melayani segmen pasar B
    • Brand Lokal 3 VS Brand Asing 3 —> melayani segmen pasar C
    • Brand Lokal 4 VS Brand Asing 4 —> melayani segmen pasar D
    • Brand Lokal 5 VS Brand Asing 5 —> melayani segmen pasar E
  3. Anda diminta melakukan di analisa kontras diantaranya industri dimana brand tersebut berada, produk dari brand tersebut, dan segmen pasar dimana brand tersebut terlibat (size dan profile) di negara tersebut (untuk brand yang dipilih), gunakan data data  serta tabel untuk melakukan kontras perbedaan.
  4. Tugas dikumpulkan pada saat UAS, max 3 lembar fisik kertas A4, atau 6 halaman duplex

 

Perkuliahan 2019 Oktober

Country Analysis Report Reguler

Country Analysis Report Pararel

Perkuliahan 2018 Oktober

Nilai Semester Ganjil 2018 – Reguler

Nilai Semester Ganjil 2018 – Pararel

  1. Tugas Individu
    1. Mahasiswa berdasarkan negara yang telah dibagi, diminta melakukan kontras (pembedaan) antara Brand Lokal dan brand non lokal pada setiap negara yang ditugas, anda diminta melakukan di analisa kontras diantaranya industri dimana brand tersebut berada, produk dari brand tersebut, dan segmen pasar dimana brand tersebut terlibat (size dan profile) di negara tersebut (untuk brand yang dipilih), gunakan data data  serta tabel untuk melakukan kontras perbedaan.
    2. Mahasiswa diminta menampilkan informasi seluruh traktat perdagangan yang berlaku untuk setiap negara yang telah ditugaskan kepada anda, dan identifikasi isu yang muncul dari setiap traktat perdagangan tersebut
    3. Daftar Negara yang ditugaskan ke mahasiwa

 

Perkuliahan Akhir Desember 2017 – Kelas Reguler

  1. Evaluasi bab 15 dan 16 dapat diakses di https://canvas.instructure.com/enroll/YLJM3N.
  2. Bahan Ujian Akhir, Country Report
    1. Mahasiswa diminta membuat Analisa tentang produk yang berasal dari Indonesia yang akan dipasarkan ke negara tujuan (negara tujuan telah diberikan kepada masing masing mahasiswa).
    2. Tugas dimulai dengan melakukan identifikasi kebutuhan sebuah negara dilihat dari kegiatan ekspor dan impor negara tersebut, analisa mahasiswa akan menunjukkan kebutuhan / surplus sebuah negara, akan memberikan alternatif kemungkinan barang / jasa yang dapat dipasarkan didalam negara tersebut. Gunakan alat bantu montoring ekspor impor yang terdapat pada laman ini.
    3. Mahasiswa juga diminta melakukan analisa posisi negara secara geografis, yang akan memperlihatkan kemungkinan kemungkinan logistik, yang akan menentukan bagaimana barang dan jasa akan masuk kedalam negara tersebut, Selain itu analisa populasi, tingkat pendidikan, serta kestabilan mata uang akan menghasilkan bagaimana kemungkinan kemungkinan calon konsumen barang dan jasa yang akan dipasarkan didalam negara tersebut. Gunakan CIA World Fact Book sebagai alat bantu, https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/docs/profileguide.html
    4. diakhiri dengan Analisa Mahasiswa untuk menentukan barang dan jasa yang akan dipasarkan di negara tersebut, dengan memperhatikan cara masuk barang dan jasa, nama barang dan jasa, jenis packaging barang  dan jasa, kisaran harga, mekanisme promosi dan distribusi.
    5. Mahasiswa wajib menunjukan pola pikir yang berhubungan dengan Bab bab yang terdapat ddialam buku teks Pasar Global
    6. Mahasiswa dapat melakukan asumsi dengan mencantumkan sumber berupa footnote, sumber wajib mempunyai kejelasan reputasi.
    7. Dikumpulkan pada saat UAS, format kertas A4, 10 halaman, 5 lembar kertas, tanpa halaman cover, cukup identifikasi nama dan npm pada pojok kanan atas halaman 1.

Global Economic Monitoring

  1. silabus.feb.unila.ac.id/
  2. US Debt Monitoring
  3. Globe Economic of Complexity (by Harvard)
  4. Atlas of Economic of Complexity (by Harvard)
  5. observatory of Economic Complexity( By MIT)
  1. Tugas – Pararel
    1. Mahasiswa diminta melakukan identifikasi dan melakukan analisis perjanjian perdagangan antara ASEAN dan Cina, hal hal yang wajib dibahas adalah
      1. nama perjanjian,
      2. kesempatan produk lokal menembus pasar cina
      3. kesempatan produk cina menembus pasar indonesia,
      4. berikan alasan anda untuk jawaban no 2, 3,  dan relasikan isi perjanjian yang mendukung no 2, 3, 4, 5
      5. Identifikasi isi perjanjian apakah terdapat penurunan tariff barrier dalam waktu tertentu
      6. Apakah faktor produksi juga diatur didalam perjanjian diatas?
    2. Mahasiswa diminta melakukan identifikasi dan melakukan analisis tentang AFTA
      1. identifikasi kesempatan produk indonesia  menembus pasar AFTA
      2. identifikasi kesempatan produk negara lain yang tergabung AFTA menembus pasar Indonesia.
      3. berikan alasan anda untuk jawaban no 1, 2,  dan relasikan isi perjanjian yang mendukung no 1,2
      4. Identifikasi isi perjanjian apakah terdapat penurunan tariff barrier dalam waktu tertentu
      5. Apakah faktor produksi juga diatur didalam perjanjian diatas?