Mengenal Hosting dan Pengertiannya Secara Umum

Hosting adalah area untuk menyimpan dokumen atau file-file situs yang dapat dibuka 24 jam nonstop. Jadi sebetulnya hosting ialah ruang yang kita pakai untuk simpan file-file web. Hosting adalah harddisk sama dengan computer biasa, cuma yang memperbedakan computer itu disiapkan untuk hosting serta tersambungsi dengan internet serta hidup 24 jam tanpa ada mati, sebab bila server mati karena itu halaman kita tidak dapat dibuka.

Di bawah ini hal – hal yang perlu jadi perhatian dalam pilih hosting :

Kemampuan/ Ruang

Kemampuan adalah besarnya ruang harddisk yang akan kita sewa buat simpan file-file yang kita perlukan. Bisaanya terbagi dalam 10MB, 50MB, 200MB, dan lain-lain. Tiap hosting memiliki ketentuan yang berlainan tentang besarnya kemampuan yang disewakan, makin besar ruang yang dipakai makin mahal kita harus bayar sewanya.

Tehnologi yang dipakai

Tehnologi server hosting yang dipakai. Server yang dipakai Linux atau Windows, apabila anda membuat file PHP apa hostingnya memberikan dukungan file PHP? Demikian pula jika anda membuat situs memakai ASP, JSP, Perl, Python, serta Ruby apa hostingnya memberikan dukungan? Karenanya anda harus cermat sebelum beli, tanyakanlah langsung pada perusahaan hosting yang ingin anda membeli.

Baca Juga : Website Medan

Janganlah sampai anda membuat web dengan PHP tapi anda beli hosting yang tidak memberikan dukungan PHP. Versus PHP penting diingat terlebih bila anda memakai CMS sebab ada banyak CMS yang memerlukan versus PHP yang tambah tinggi.

Dukungan yang diberi

Dukungan adalah hal yang tidak kalah utamanya, sebab bila anda alami kesusahan ke dukungan berikut anda kelak akan menanyakan. Mencari suport dukungan yang siap online menolong anda dalam 24 jam. Hingga saat anda alami kesusahan anda langsung dapat tanyakanlah serta selekasnya dapat memperoleh jawaban tidak menanti terlalu lama.

Database yang dipakai

Database adalah hal penting terlebih bila web anda ialah web dinamis. Cek tipe database eyang disiapkan MySQl, PostGree SQl, Microsoft Access, dan lain-lain. Cek tersedianya Database yang dapat dipakai 1, 2 atau tidak terhingga.

Backup serta Restore

Tanyakanlah untuk backup nya apa dengan cara automatis atau harus kita kerjakan dengan cara manual. Sebab bisaanya perusahaan hosting tidak ingin tahu saat web kita terserang virus serta harus dibikin bersih sesaat backup automatis tidak berjalan. Bila demikian kita dapat kehilangan data-data penting kita.

Bandwith

Adalah besarnya data transfer dalam satu bulan. Untuk contoh ini contohnya. Jika satu perusahaan hosting sediakan bandwith 1GB satu bulan. Karena itu jika anda mempunyai satu file HTML dengan ukuran 40kb (telah termasuk juga images, audio diagram dan lain-lain

Untuk tampilkan 1 halaman situs page anda) serta pengunjung web anda /hari seputar 100 orang, karena itu anda habiskan bandwith /hari: 40kb x 100orang = 4000kb =4MB. Perbulan: 4MB x 31 = 124MB, jika anda mempunyai 5 halaman karena itu: 124MB x 5 = 620MB.

Karena itu bandwith yang disiapkan perusahaan hosting itu tersisa sebab yang mereka siapkan ialah 1GB tapi bila pengunjung web kita makin banyak bisa saja bandwith 1GB kurang sebab bisaanya makin lama serta makin banyak info yang diperlihatkan jadikan web makin seringkali didatangi orang.

Bila bandwith yang diberi (1GB) kurang atau telah habis dipakai (dalam 1 bulan) karena itu web kita tidak dapat dibuka lagi sampai menanti 1 bulan. Jadi lihat bandwith yang disiapkan dengan ukuran file HTML anda, jika pengunjung web anda makin banyak tentunya bandwithnya akan makin besar.

Tapi jangan khawatir sebab bandwith itu tetap direset 1 bulan sekali, sesudah habis akan kembali pada 0 lagi demikian selanjutnya, serta reset bandwith dengan cara automatis dilaksanakan dalam sebulan.

Type-Tipe hosting :

Free Hosting

Hosting ini adalah hosting yang disiapkan dengan gratis serta dapat dipakai oleh siapapun. Proses register diperlukan konfirmasi lewat e-mail hingga memerlukan e-mail aktif serta dapat dibuka untuk memakai hosting ini.

Virtual (shared) Hosting

Dimana di dalam satu server ada beberapa hosting (diantaranya punya anda) serta ada beberapa domain. Umumnya hosting yang satu ini yang terbanyak dipakai, biayanya tambah murah.

Virtual Privat Hosting

Sewa server spesial untuk pribadi anda sendiri jadi seakan-akan anda memiliki computer server sendiri sama dengan Virtual Shared Hosting perbedaannya sebab ini server anda sendiri untuk kemampuan harddisknya tidak terbatas serta bandwith yang anda pakai pun tidak terbatas. Tidak membutuhkan tenaga pakar spesial untuk merawatnya.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting memiliki harga yang mahal. Sebab anda mempunyai server sendiri serta pada sebuah server itu cuma ada satu hosting serta domain punya anda. Anda membutuhkan tenaga pakar untuk merawatnya.

Collocated Hosting

Collocated Hosting sama dengan mempunyai server sendiri dikantor/ rumah anda, tapi pada Collocated Hosting servernya terdapat diperusahaan hosting serta mereka yang merawatnya.

Referensi : medanprojects.com