Sejarah Dan Seluk beluk Nama Domain

Di tahun 70-an sampai awal 80-an saat internet masih berbentuk komune kecil yang cuma terdiri atas sedikit computer yang tersambung keduanya, proses pengalamatan semasing computer/host belum jadi masalah serius.

Waktu itu skema yang dipakai ialah host table. Pada cara itu, semasing host simpan file dengan nama HOSTS.TXT yang berisi daftar gabungan nama serta IP Address dari SELURUH computer yang tersambungsi ke internet.

Bisa dipikirkan, saat internet jadi makin besar serta jumlah computer yang tersambungsi makin banyak, cara itu jadi benar-benar tidak efektif. Karena itu di tahun 1983, atas keinginan Jon Postel, Paul Mockapetris menyarankan skema database terbagi yang diberi nama DNS (Domain Name Sistem), prosedur yang dipakai sampai sekarang.

Dengan cara pembagian pada DNS, semasing organisasi cuma bertanggungjawab untuk mengurus database yang berisi info jaringan kepunyaannya saja.

Baca Juga : Website Medan

Prosedur DNS diterbitkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Detail orisinal prosedur DNS ada pada RFC 882 serta RFC 883, yang selanjutnya diperbaharui di tahun 1987 lewat RFC 1034 serta RFC 1035.

Proses penerjemahan satu nama domain jadi IP address disebutkan resolving. Kecuali untuk memetakan nama host serta IP address, DNS dipakai untuk mengemukakan alamat e-mail (e-mail routing) dengan simpan daftar mail server yang terima e-mail untuk domain yang diberi, serta aplikasi-aplikasi internet lain.

Dengan sediakan service peralihan (redirection) berbasiskan kata kunci (keyword) terbagi yang mencapai penjuru dunia, DNS ialah elemen yang inti serta penting buat internet tersebut.

Susunan DNS

Artikel ini tidak lakukan bahasan susunan DNS dengan cara detail, cuma hanya inginalan serta pengetahuan umum.

Domain name ruang

Domain name ruang terdiri atas beberapa nama domain yang tersusun lewat hirarki yang berupa susunan seperti pohon (tree), diawali pada akar (root) sampai daun (node, leaf). Tiap node atau “daun” pada susunan pohon itu mempunyai 0 atau lebih resource records yang simpan info berkaitan nama domain itu.

Susunan pohon terdiri jadi beberapa zone, yang diawali pada zone root (akar). Satu DNS zona terdiri atas kelompok node-node yang tersambungsi yang dilayani oleh satu authoritative nameserver. Untuk lebih mengerti rincian, silakan melihat pada pola berikut ini:

Formulasi domain name

Satu nama domain terdiri atas satu atau lebih sisi (dengan cara tehnis disebutkan labels) yang semasing sisi dipisah dengan titik (dot). Kita mengambil contoh di sini yaitu nama domain gadgetrust.informasi (nama domain website ini) :

1. Ujung paling kanan pada suatu nama domain disebutkan top-level domain (TLD).

Pada gadgetrust.informasi, TLD ialah informasi. TLD lain yang banyak dipakai ialah com (situs komersial), net (jaringan), org (organisasi nonprofit), gov (beberapa situs sah negara/pemerintahan), edu (beberapa situs berkaitan pendidikan), dan lain-lain. Tetapi untuk beberapa TLD seperti com, net, serta org, pemakaiannya sekarang relatif tidak se-“tertib” sama dengan awal peruntukannya.

2. Hirarki nama domain turun dari kanan ke kiri.

Tiap merek di samping kiri memperlihatkan subdomain dari merek di samping kanannya. Pada www.gadgetrust.informasi, gadgetrust ialah subdomain dari domain informasi, serta www ialah subdomain dari gadgetrust.informasi. Susunan hirarki pohon ini bisa terdiri sampai 127 tingkat/subdomain.

3. Tiap merek/subdomain bisa terdiri sampai 63 ciri-ciri, serta keseluruhnya domain mempunyai panjang ciri-ciri maximum 253 ciri-ciri. Tetapi dalam praktik beberapa registries mengaplikasikan batasan yang semakin sedikit/terbatas.

4. Dengan cara tehnis nama domain terdiri atas ciri-ciri-karakter oktet.

Tetapi dalam praktiknya nama domain ciri-ciri set ASCII, mencakup abjad-abjad dari a sampai z, A sampai Z (huruf besar/kapital), angka dari 0 sampai 9, serta sinyal hubung (-). Ketentuan ini diketahui untuk ketentuan LDH (letters, digits, hypen). Tetapi demikian, sinyal hubung jangan dipakai pada awal domain atau dipakai berurutan.

5. Hostname ialah nama domain yang mempunyai sedikitnya satu IP address yang berkaitan.

Untuk contoh, domain www.gadgetrust.informasi serta gadgetrust.informasi ialah hostnames, tetapi domain informasi sendiri bukan hostname sebab tidak mempunyai IP address yang terasosiasi dengannya.

Name servers

DNS diurus untuk skema database terbagi memakai mode client-server. Node-node dari database ini ialah name servers. Tiap domain mempunyai sedikitnya satu authoritative DNS server yang mempublikasikan info mengenai domain serta name servers domain-domain lain sebagai subordinat-nya.

Hirarki paling tinggi dilayani oleh root nameservers, yaitu server yang layani keinginan (resolving) top-level domain (TLD) seperti com, net, informasi, org, dan lain-lain.

DNS Resolver

DNS resolver ialah client-side dari DNS, yaitu sisi dari program aplikasi yang berperan untuk menjawab keinginan (query) mengenai satu domain lewat proses inisiasi serta pengurutan (sequencing) keinginan yang ke arah pada penerjemahan satu sumber.

Dengan cara simpel bisa disebutkan, DNS resolver bertindak penting dalam proses DNS mengartikan nama domain (www.contoh.com) yang anda tuliskan jadi IP address yang berkaitan dengan domain itu, hingga anda bisa buka halaman situs www.contoh.com tak perlu repot mengingat IP address-nya.

Bila resolver tidak tahu IP address dari domain itu (tidak ada pada cache-nya), ia akan mengontak server DNS sebagai server standar-nya untuk cari jawaban. Dan sebagainya.

Bagaimana Langkah Mempunyai/memperoleh Nama Domain?

ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) ialah instansi nonprofit bertaraf global yang bekerja mengurus serta lakukan pengaturan atas DNS untuk jamin tiap alamat (nama domain) serta IP address ialah unik/salah satu serta pastikan tiap pemakai internet bisa temukan semua alamat yang valid dengan pastikan tiap nama domain terpetakan ke IP address yang sesuai dengan.

Dengan begitu bila anda menuliskan www.kompas.com, alamat itu arahkan anda ke situs situs pemilik nama domain itu yaitu situs kabar Kompas online, serta tidak arahkan anda ke tempat/situs lain.

ICANN mempunyai peranan lain yaitu lakukan legalisasi pada perusahaan penjual nama domain pada pemakai akhir (domain name registrar) dengan lakukan register serta memutuskan standard minimal dan kriteria yang perlu dipenuhi dengan perusahaan domain name registrar itu.

Untuk kepentingan pencatatan, ICANN menerbitkan urutan lengkap TLD registries serta perusahaan domain name registrar. Keseluruhnya daftar itu tersimpan serta diurus dalam database online yang bisa dibuka melaui service WHOIS.

Untuk top-level domains COM serta NET, dipakai mode thin registry, yaitu domain registry (contoh VeriSign) mengurus data WHOIS fundamen seperti nama registrant, name servers, dll, sedang data WHOIS yang lebih detail diberikan pada semasing registrar.

Untuk lebih dari 240 country kode top-level domains (ccTLDs), data WHOIS diurus dengan pendekatan thick registry, yaitu data WHOIS diurus dengan cara terpusat pada central registries, bukan pada database registrar.

Untuk contoh, ccTLDs untuk Jerman (ex: www.namadomain.de) diurus oleh DENIC, instansi NIC (Network Iinformation Center) alias domain name registries-nya Jerman.

Untuk sumber energi yang bersih serta terperbarukan, energi listrik dari matahari selalu dibuat selama wilayah anda mendapatkan cukup penyinaran.

Yang diperlukan ialah beberapa perlengkapan serta tehnologi untuk ‘menangkap’ serta menggantinya jadi energi listrik, yang diketahui dengan panel surya (solar panels).

Berharap diingat, saat kita bicara mengenai “panel surya “, ada dua peluang pemahaman:

1. Modul fotovoltaik (solar photovoltaic modules) yang memakai beberapa sel surya untuk mengkonversi cahaya matahari jadi listrik, atau

2. Solar therma…Pertanyaan itu tetap menggelayut setiap saat melihat film-film western jenis Dances with Wolves, dimana beberapa penunggang – baik kulit putih atau indian – memperlakukan kuda kendaraannya bak sepeda motor bermesin saja, memacunya melewati prairi yang lebarnya berpuluh km..

Bagaimana juga kuda ialah makhluk hidup, bukan mesin yang dapat digerakkan seenaknya. Mereka bisa jadi capek serta perlu istirahat. Yang memperbedakan kuda dengan umumnya mamalia lain ialah endurance mereka yang mengagumkan. Berikut beberapa bukti mengenai ketahanan fisik seekor kuda yang mengagumkan, saya kutip dari the Ultimate Horse Site.

– Kuda Akhal-Teke yang disebut peranakan dari Turkmenistan, diketahui untuk kuda dengan ketahanan yang sempurna. Pada 1935, 38 penunggang kuda Akhal Teke tempuh 2.600 mil dari Ashkabad ke Moskow, 215 mil salah satunya menyebe…

Karakteristik pekerjaan yang mewajibkan pemakaian computer untuk perlengkapan kerja membuat beberapa karyawan kantoran, penulis, programmer, sampai pekerja kreatif seperti situs designer atau digital artist habiskan sejumlah besar jam repot mereka duduk di muka monitor computer meja (PC desktop) atau laptop.

Tetapi di lain sisi begitu lama duduk statis di muka monitor bukan kesibukan yang sehat. Karenanya, untuk menahan dampak jelek pada kesehatan seperti sakit punggung (back pain), luka sebab desakan terus-terusan (repetitive stress injuries), serta sakit leher, kita harus lakukan usaha untuk bikin situasi berkomputasi jadi seergonomis kemungkinan.

Diantaranya dengan memakai bangku kerja berkaidah ergonomik.

Menurut artikel TWiki yang diterbitkan oleh situs situs Richmond University, Kata ergonomi berasal bahasa Yunani ; ergo = kerja serta nomos = pengetahuan mengenai. Karena itu ergonomi dengan cara simpel bisa ditranslate untuk pengetahuan mengenai semua faktor pekerjaan kerja.

Referensi : medanprojects.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *