Merawat Kulit Wajah Berminyak

Tips Sederhana Merawat Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak seringkali dirasa mengganggu, sebab memunculkan beberapa keluh kesah. Bukan hanya membuat muka kelihatan mengilap, kulit berminyak rawan berjerawat. Salah satu langkah menjaga kulit berminyak terlihat bersih serta bebas jerawat yakni membersihkan muka secara benar.

Minyak atau sebum sebetulnya mempunyai manfaat dalam jaga kelembapan serta elastisitas kulit. Tetapi bila dibuat dengan cara berlebihan, minyak di wajah malah bisa menutup pori-pori muka serta mengakibatkan timbulnya jerawat.

Faktor Penyebab Wajah Berminyak

Aktivitas serta ukuran kelenjar minyak memegang peranan penting pada jumlah produksi minyak di wajah. Walau penyebab pastinya masih susah dipastikan, tetapi ada banyak unsur yang diduga bisa mengubah produksi minyak berlebihan, diantaranya:

  • Perubahan hormon.
  • Unsur genetik.
  • Mengonsumsi makanan yang tidak sehat.
  • Pemakaian make up yang tidak tepat.
  • Udara yang panas dan lembap.

Untuk menyadari apa kulit muka Anda termasuk kulit berminyak, lihat zone T, yakni wilayah dahi, hidung, serta dagu. Bila pada ruang itu kulit terlihat mengkilap serta berminyak waktu disentuh, karena itu kulit muka Anda termasuk juga tipe yang berminyak.

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Untuk Anda yang mempunyai tipe kulit berminyak, janganlah sampai salah lakukan perawatannya supaya kulit masih bersih serta bebas jerawat. Berikut tips menjaga kulit muka berminyak dari Drw Skincare yang dapat Anda kerjakan:

Pilih Pembersih Wajah yang Tepat

Cuci muka minimal 2 kali satu hari. Pakai pembersih muka yang spesial untuk kulit berminyak. Supaya bebas dari kotoran serta bakteri pemicu jerawat, Anda dapat pilih pembersih muka yang mengandung antibakteri yang lembut serta bebas alkali, seperti montaline C40.

Disamping itu, pembersih muka yang mengandung panthenol atau vitamin B5 dapat juga jadi pilihan sebab bisa kurangi produksi minyak berlebihan, hingga menolong menangani permasalahan kulit berjerawat. Tidak itu saja, dua bahan itu dapat menghidrasi kulit secara baik, melembapkan, jaga fleksibilitas kulit, serta menolong pergantian kulit, hingga membuat kulit kelihatan halus.

Rutin Menggunakan Scrub

Pemilik kulit berminyak dianjurkan untuk teratur bersihkan muka memakai scrub minimal 2 kali dalam satu minggu. Scrub dapat bersihkan muka sampai ke pori-pori, sekaligus juga mengusung sel kulit mati di wajah. Tetapi, jauhi menggosok begitu keras, sebab bisa mengakibatkan iritasi.

Gunakan Cream Wajah

Sesudah dibikin bersih, pakailah cream muka spesial untuk kulit berminyak. Untuk jaga kelembapan kulit tanpa ada meningkatkan produksi minyak, pilih cream muka yang berbentuk mattifying. Semakin lebih baik lagi bila memakai cream muka mattifying yang memiliki kandungan vitamin, aloe vera, serta asam hialuronat (hyaluronic acid). Hingga walau produksi minyak menyusut, muatan itu masih bisa memberikan nutrisi serta jaga kelembapan kulit muka.

Selain perawatan tersebut, janganlah lupa juga untuk memakai tabir surya minimum dengan SPF 30, khususnya waktu ada di luar ruang. Maksudnya ialah supaya kulit masih terproteksi dari paparan cahaya matahari langsung.

Untuk pemilik wajah berminyak, Anda masih bisa tampil dengan kulit yang bersih serta menarik. Kerjakan perawatan dengan produk pembersih muka yang pas dengan cara teratur. Jika memang perlu, tanyakan ke dokter kulit untuk mendapatkan referensi perawatan kulit berminyak yang pas, sesuai dengan situasi kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *