Panduan Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula, Super Lengkap!

Lewat artikel berikut, saya akan share tutorial langkah membuat website gratis yang pas sekali buat pemula. Buat saya, website sebuah gubuk kecil saya di dunia maya.

Adanya website, saya dapat share pengalaman atau beberapa hal yang berguna buat pembaca. Walau pembaca website saya sedikit tapi tidak papalah, yang perlu ada yang membaca meskipun seseorang, hehehe.

Kecuali dipakai untuk share pengalaman, banyak yang manfaatkan website untuk kebun pendapatan penambahan, fasilitas berjualan online, dan lain-lain. Bila anda membaca artikel di bawah ini, kemungkinan anda adalah salah satunya orang yang sedang cari panduan langkah membuat website dengan gampang serta tidak pakek repot.

Tutorial Langkah Membuat Website untuk Pemula

Ada beberapa puluh basis untuk bikin website. Oleh karena itu, terlebih dulu anda harus putuskan basis mana yang ingin anda pakai, entahlah itu wordpress, blogger, tumblr, jimdo, webs, squidoo, atau lain-lain.

Jika menurut saya, basis yang sangat terkenal, gampang, serta pas sekali buat pemula ialah blogger. Lantas bagaimana beberapa langkah langkah membuat website di blogger? Yuuk baca cara-caranya seperti berikut :

A. Login ke Blogger.com

1. Pertama kali login ke blogger.com untuk bikin website baru.

2. Masukan alamat gmail anda. Bila anda belum punyai akan gmail, silahkan baca artikel saya tentang langkah membuat e-mail di gmail. Kemudian, pilih Next.

3. Selanjutnya masukan password account gmail anda secara benar, lalu pilih Next.

4. Bila anda ditempatkan pada halaman yang kira-kira seperti gambar di bawah, silahkan pilih Saya Sepakat.

5. Selanjutnya anda harus isi nama penampilan yang dipakai untuk profile blogger. Pakai nama komplet atau nama panggilan anda, contoh Zakaria. Sesudah pilih Teruskan ke Blogger.

6. Untuk bikin website baru, pilih tombol BUAT BLOG BARU yang terdapat di samping kanan. Lebih detilnya, anda dapat lihat gambar berikut ini.

7. Anda akan lihat penampilan seperti di bawah ini. Silahkan isi sesuai dengan putunjuk nomor berikut ini :

Nomor 1 : Isikan dengan judul website baru anda, contoh Website Sekitar Tehnologi Terbaru.

Nomor 2 : Isikan dengan alamat url pada website anda, contoh nesabatekno.blogspot.com atau cukup menuliskan nesabatekno saja, kelak dengan cara automatis alamat situsnya jadi nesabatekno.blogspot.com. Bila ada sinyal contreng disebelahnya bermakna alamat website itu ada.

Nomor 3 : Pilih topik yang anda gemari untuk website baru anda.

8. Kemudian, pilih Buat website!

9. Contoh anda memperoleh penawaran pembelian nama domain seperti   gambar di bawah, pilih Lain waktu. Bahasan tentang pemakaian custom domain pada blogger akan kita ulas di artikel setelah itu.

10. Selamat website baru anda usai dibikin. Tetapi jangan keburu kabur dahulu, yuk sekaligus belajar tentang menu-menu yang ada pada blogger, bagaimana sich langkah menulis content di blogger dan lain-lain.

B. Mengenali Menu-menu pada Blogger

Ada banyak menu serta tombol pada blogger yang penting anda kenali. Salah satunya seperti berikut :

  • Pos: tampilkan semua pos yang ada pada website anda, pos yang telah diedarkan serta yang masih tetap berupa draft. Dalam menu ini, anda dapat juga meniadakan beberapa pos sekaligus juga secara cepat.
  • Statistik: tampilkan info statiska pada website anda, seperti jumlah penayangan ini hari, tempo hari, serta bulan kemarin. Disamping itu, pada menu ini tampilkan info tentang bagaimana pengunjung temukan website anda dan lain-lain.
  • Tanggapan: tampilkan tanggapan yang sudah diedarkan, tanggapan yang masih tetap menanti moderasi, serta tanggapan yang termasuk spam.
  • Kampanye: tampilkan menu sekitar Adwords. Anda dapat mempromokan website anda dengan Adwords ini, tapi tentunya ini tidak gratis.
  • Situs: tampilkan jumlah situs yang ada pada website anda, situs yang masih tetap berupa draft, serta situs yang telah diedarkan.
  • Tata Letak: di sini anda dapat kustomisasi penampilan atau memberikan tambahan widget (handphone) pada website anda.
  • Topik: tampilkan penataan pada template atau topik website anda. Untuk mengubah, mengubah template website anda, dan lain-lain dapat dilakukan di sini.
  • Setelan: tampilkan penataan kelanjutan pada website anda, seperti penataan fundamen, pos serta tanggapan dan lain-lain dapat dilakukan di sini.
  • Daftar Bacaan: tampilkan posting paling baru dari beberapa blog yang anda turuti.
  • Pertolongan: tampilkan artikel-artikel pertolongan tentang bagaimanakah cara memakai website di Blogger.

    C. Langkah Menulis/ Posting Content di Blogger

Untuk menulis content atau yang seringkali di ucap dengan posting sangat gampang, malah gampang sekali. Baca cara-caranya seperti berikut :

1. Click tombol Entri baru.

2. Sebelum mengawali untuk menulis content, ada banyak menu, tombol, atau navigasi yang penting anda ketahui seperti berikut :

      • Nomor 1 : Judul content anda.
      • Nomor 2 : Jejeran tombol yang bermanfaat untuk mempublikasikan, simpan, atau mempratinjau (preview) content anda sebelum di-publish.
      • Nomor 3 : Ada 2 model tulisan content yang ada pada blogger, salah satunya model Compose serta model HTML. Dengan cara standar, model tulisan content memakai model Compose. Bila anda pemula dalam HTML, saya anjurkan memakai model Compose saja.
      • Nomor 4 : Menu formatting toolbar yang dipakai untuk pemrosesan teks pada content anda. Peranan tool-tool ini hampir sama yang ada pada Microsoft Word.
      • Nomor 5 : Beberapa menu penataan pada content anda. Seperti memberi merek/ kelompok, link permanen pada content anda dan lain-lain.
      • Nomor 6 : Isi content anda.

3. Bila content anda siap diterbitkan, silahkan click tombol Terbitkan. Oh iya yakinkan content yang anda catat tidak bermuatan negatif, ajaran kedengkian dan lain-lain. Sedetailnya dapat anda baca di halaman Kebijaksanaan Content Blogger.

D. Mengubah Template Bawaan Blogger

Memang sich template atau topik standar blogger kurang bagaimana begitu, bukan buruk loh, hahaha. Untuk mengubah template website anda supaya lebih menarik, silahkan baca cara-caranya seperti berikut :

  1. Silahkan unduh dahulu template yang ingin dipakai pada website anda. Anda dapat menelusurinya di Btemplate, dari sana ada beberapa ribu template yang dapat anda pakai.
  2. Kemudian, masuk ke menu dasbor website anda serta pilih Topik.
  3. Pilih Backup/ Sembuhkan.
  4. Click tombol Choose File untuk mengupload template yang anda kehendaki.
  5. Paling akhir, click tombol Unggah. Perlu diingat yah jika templatenya harus memakai pola.xml

 E. FAQ Sekitar blog

Sehubungan banyak pembaca yang tetap memberi komentar dengan pertanyaan yang sama, karena itu saya buat FAQ atau daftar pertanyaan yang seringkali diserahkan dan jawabannya.

  • Alamat website tidak ada, terus bagaimana?

Itu karena alamat website yang anda masukan telah dipakai oleh seseorang. Jadi pakai alamat website lainnya.

  • Panduan di atas memakai basis blogger, jika di wordpress?

Untuk panduan langkah membuat website gratis di wordpress pernah saya ulas lewat artikel di bawah ini.

  • Bagaimanakah cara membuat lebih satu website pada sebuah account google yang sama?

Membuat lebih satu website pada sebuah account google dapat dilakukan. Untuk tutorialnya pernah saya ulas lewat artikel di bawah ini.

  • Bagaimanakah cara meniadakan website di blogspot?

Misalnya anda ingin meniadakan website anda sebab beberapa fakta, triknya gampang sekali. Anda bisa membaca panduan selengkapnya lewat artikel di bawah ini.

  • Bagaimanakah cara memberikan tambahan gambar pada artikel?

Supaya artikel yang anda catat lebih informatif serta menarik, karena itu anda perlu memberikan tambahan gambar pada artikel anda. Tutorialnya dapat anda melihat pada artikel di bawah ini.

Mudah-mudahan dengan coretan simpel saya ini, anda sudah mengetahui tentang langkah cara membuat blog di blogger secara gratis serta membuahkan uang dari website anda itu (untuk part membuahkan uang di website masih saya susun artikelnya). Bila anda alami kesusahan tentang langkah membuat website serta anda tidak temukan jawabannya di daftar FAQ di atas, jangan sungkan yah untuk menanyakan lewat kotak tanggapan yang sudah disiapkan. Sampai jumpa serta terima kasih banyak telah membaca artikel pendek saya ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *