Industri Produk Kreatif

Industri Produk Kreatif, Bisnis yang Banyak Diminati untuk Saat Ini

Prospek industri produk kreatif ke depannya tidak dapat dipungkiri akan menjadi jenis usaha yang menjanjikan dan memiliki prospek yang semakin cerah  serta banyak dicari oleh konsumen seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat yang semakin tinggi. Seperti produk-produk kreatif skala UKM saat ini sudah mampu memikat hati masyarakat di negeri sendiri dengan motif dan jenis yang semakin beragam.

Menurut mainkit, salah satu blog di Indonesia, selain untuk pangsa pasar di dalam negeri,  produk kreatif inipun memiliki pangsa pasar di luar negeri karena produk ini sudah semakin digemari oleh para konsumen di manca negara sehingga produk kreatif ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk memperoleh omset yang besar.

Produk kreatif dapat dapat dibilang merupakan salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan untuk dijalani namun semua itu kembali kepada pelaku usaha apakah dapat memberikan sentuhan yang berbeda dari usaha yang akan dijalaninya.

Salah satu cara agar produk kreatif tetap menjadi bisnis yang tidak ada matinya adalah pelaku usaha harus terus berinovasi dalam menciptakan produk baru dan tetap harus mempunyai tujuan agar dapat diapresiasi oleh calon konsumen sehingga konsumen akan terkesima dengan produk yang dibuat. Artinya produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan selera pasar.

Selanjutnya, produk kreatif harus mempunyai tingkat spesifikasi yang khas dan memang dibuat berbeda dari jenis yang lain, setidaknya menjalankan research terlebih dahulu dan membuat produk yang belum ada di pasaran.

Selanjutnya promosikan produk kreatif dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan sasaran konsumen yang sudah ditetapkan dan dapat juga ditambahkan filosofi produk agar mempunyai ciri khas  dan mudah diingat oleh konsumen. Misalnya dengan membuat brand  yang mencirikan produk dan selain itu promosi bisa menggunakan media internet dan sistem keagenan.

Industri Produk Kreatif, Jenis Usaha yang Menjanjikan

Untuk jangka panjang sebaiknya usaha harus bergerak sesuai dengan planning yang sudah direncanakan dari awal. Harus selalu memiliki pemikiran untuk mencoba hal baru . Karena dari hal itu akan tumbuh inovasi usaha baru.

Kendala sementari ini yang menjadi momok para pelaku usah UKM ini adalah dari segi kreativitas dan desain yang masih terbilang kurang produktif. Selain itu keterbatasan di pemasaran pun dirasa menghambat usaha untuk berkembang.

Bagi para pelaku usaha pemula yang berniat terjun di bisnis , sebaiknya modal harus disiapkan sehingga proses produksi yang membutuhkan bahan baku dan peralatan yang disesuaikan dengan modal. Jangan sampai memaksakan untuk menggunakan peralatan dan bahan yang dari segi permodalan kurang terjangkau.

Selain itu, diusahakan harus memiliki tenaga kerja yang benar-benar terspesialisasi untuk bagian produksi, desain, dan bahan baku serta memiliki tenaga kerja yang handal dalam analisis pangsa pasar dan segmentasi pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *