Perbedaan Framework Codeigniter dan Laravel

Sama yang kita kenali, bahasa pemrograman PHP adalah bahasa pemrograman powerful, baik dari sisi kualitas atau job yang didapat beberapa programer script PHP. Bahasa pemrograman PHP terbanyak dipakai oleh programer karena bahasa PHP lebih gampang diterapkan.

Frame-work PHP adalah beberapa kumpulan arsitektur atau ide-konsep yang bisa memudahkan dalam meningkatkan situs memakai PHP. Frame-work sediakan skema MVC, yakni Mode, View serta Cortroller yang disebut langkah efisien untuk aplikasi situs yang terorganisir dengan cara modular.

Mode berperan untuk merekayasa database, View untuk interface untuk user serta Controller untuk pengatur serta penghubung di antara View serta Mode. Frame-work bisa kurangi kekeliruan dalam pengetikan kode PHP serta MySQL. Disamping itu ada banyak faedah memakai frame-work.

Seperti membuat satu bangunan, Kita tak perlu membuat semen, mengganti batu bata jadi porselen serta yang lain. Tapi cukup pilih beberapa bahan itu serta menyatukannya jadi bangunan yang cantik serta indah.

Ada beberapa frame-work PHP yang telah dikeluarkan, seperti Zend Frame-work, YII Frame-work, CI (CodeIgniter), CakePHP dan sebagainya. Tetapi ada dua frame-work populer yang seringkali jadi pembicaraan antara programmer untuk tentukan frame-work mana yang paling baik antara ke-2 frame-work itu, yakni CI (CodeIgniter) frame-work serta Laravel Frame-work.

Codeigniter

CodeIgniter ialah satu frame-work PHP yang bisa percepat programer serta developer dalam membuat serta meningkatkan satu aplikasi situs. Terdapat beberapa library serta helper yang bermanfaat pada frame-work CI yang bisa mempermudah peningkatan situs. Keuntungan dalam memakai CI ialah seperti berikut.

1. Mengirit Waktu Peningkatan Dengan susunan serta library yang sudah disiapkan oleh frame-work hingga bisa mengirit waktu menulis code.

2. Reuse of Kode Dengan memakai frame-work, pekerjaan programmer akan mempunyai susunan yang baku, hingga lebih gampang untuk dimengerti serta dituntaskan bila ada permasalahan atau error.

Baca Juga : Website Medan

3. Pertolongan Komune Ada komunitas-komunitas yang siap menolong bila ada persoalan. Disamping itu, dapat membagi pengetahuan hingga bisa tingkatkan potensi pemrograman.

4. Kelompok Best Practice Satu frame-work adalah kelompok best practice yang telah teruji sehigga bisa tingkatkan kualitas code programmer.

Untuk web framework yang populer yang menggunakan bahasa pemrograman PHP, CodeIgniter memiliki beberapa keunggulan sama yang disebut di dokumentasinya. Beberapa keunggualan itu ialah seperti berikut.

1. Free

Ada di bawah lisensi open sourcemirip Apache/BSD, kita bisa lakukan apa saja dengan CodeIgniter. Lisensi selengkapnya bisa disaksikan di halaman dokumentasi.

2. Light Weight

Skema inti CodeIgniter memerlukan library yang sedikit. Berbeda sekali dengan frame-work yang lain yang memerlukan beberapa sumber daya penambahan. Library penambahan akan dipakai saat request dengan cara dinamis, membuat skema yang dibuat jadi efektif serta cukup cepat.

3. Fast

Menurut dokumentasi, performa yang dimiliki CodeIgniter terbukti cepat setelah dibanding dengan situs frame-work yang lain.

4. Packs a Punch

CodeIgniter ada dengan beberapa library yang akan menolong pekerjaan-tugas di peningkatan web yang telah umum serta seringkali dilaksanakan seperti terhubung database, kirim e-mail, validasi data dari form, mengurus sesi, kecurangan gambar, kerja dengan XML-RPC serta ada banyak .

5. Extensible

Programmer bisa memberikan tambahan library atau helperyang kita buat sendiri ke CodeIgniter. Disamping itu kita dapat memberikan tambahan feature melalui class extension atau sistem hooks.

6. Thoroughly Documented

Sebagian besar feature, library, serta helperyang berada di CodeIgniter sudah terdokumentasi dengan komplet dan tersusun dengan baik. Ketika mendapatkan unduhan CodeIgniter, dokumentasinya telah ada serta siap dipakai.

7. Memiliki komunitas yang ramah

Komune CodeIgniter sangat ramah dan siap menolong pemakai CodeIgniter pemula atau yang sudah mahir. Komunitasnya dapat didapati di http ://codeigniter. com/forums/.

Laravel

Laravel ialah frame-work PHP untuk aplikasi situs yang dicatat oleh Taylor Otwell. Frame-work Laravel dicatat dengan gabungan feature-fitur serta sintak-sintak yang benar-benar ekspresif hingga membuat frame-work ini mendapatkan populeritas baru.

Laravel memberi hal baru yang jarang-jarang jadi perhatian oleh framework-framework yang lain, yakni faktor clean kode dan expressiveness. Disamping itu, frame-work laravel clean serta classy, kodenya singkat, gampang dipahami serta ekspressif.

Laravel ditingkatkan dengan cara spesial untuk bahasa PHP versus 5. 3 ke atas serta manfaatkan beberapa kelebihan feature yang dipunyai PHP versus 5. 3. Tidak ada backward compatibility dengan PHP versus awalnya.

Beberapa feature yang perlu yang ada di Laravel ialah namespace, anonymous function, serta autoloading. Dengan namespace bisa membuat dua kelas dengan nama yang sama. Coba baca di http ://id-laravel. com. Anonymous function sangat mungkin Anda membuat inline function, peranan tanpa ada nama, sama yang biasa Anda jumpai di JavaScript.

Dalam soal routing, Laravel mempunyai code yang sederhana. Pada intinya membuat website hanya permasalahan request-response. Ada request pada halaman x, karena itu perlu disiapkan response x. oleh karenanya, Laravel mengaplikasikan prinsip routing yang benar-benar sederhana.

Beberapa programmer situs yang eksper dalam soal frame-work, merasai jika Laravel mempunyai tiga poin penting, yakni seperti berikut.

1. Simple

Laravel gampang untuk dimengerti serta dikerjakan. Bila programmer suka pada frame-work CI, karena itu programmer itu akan suka pada frame-work Laravel.

2. Elegan

Sejumlah besar peranan Laravel kerja dengan cara lancer dengan komposisi yang cuma sedikit serta memercayakan konvensi standard industry untuk kurangi code-bloat.

3. Well-documented

Dokumentasi laravel komplet serta tetap upadate bila ada yang paling baru. Creator frame-work membuat poin untuk mengupdate dokumentasi sebelum meluncurkan versus baru dengan arah untuk mematikan beberapa orang yang belajar frame-work tetap mempunyai dokumentasi paling baru. (menurut Community-laravel).

Referensi : medanprojects.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *